Kencan Sama Doraemon

Siapa sih yang ga kenal doraemon?

Itu lho tokoh dalam komik juga animasi Jepang karya Fujiko F. Fujio. Seekor kucing berwarna biru, bulet, lucu, yang punya kantong ajaib di perutnya. Kucing ini datang dari masa depan untuk membantu keseharian nobita buat “move on”. Nobita yang berteman dengan suneo, giant, dan shizuka.

Saya kenal doraemon gara-gara sering mampir ke toko buku, iseng melirik manga ini. Singkat kata tertariklah sama cerita doraemon, lalu ga sengaja lihat anime-nya yang disiarkan di televisi. Keterusan deh sampe sekarang. Rasanya sayang melewatkan kisah si robot kucing biru ini. Bagaimana pun alur ceritanya, tetep aja suka dengan karakternya.

Ngomong-ngomong soal doraemon, ada lho cafe yang tematik kucing biru ini di kota Bandung. Dengan sengaja saya mampir ke cafe ini, selain penasaran pengen melihat-lihat, juga ingin coba menunya.

D’Moners Home

Wew susah juga bacanya. Mungkin itu sebutan buat rumah doraemon. Lebih cepet kalau bilang saja cafe doraemon. Cafe ini adanya di daerah suci Bandung. Kalau posisi dari arah barat kota Bandung, teruslah menuju ke arah timur kota Bandung melewati persimpangan Jalan Cikutra. Cafe itu ada di sebelah kiri sekitar 100 meteran dari persimpangan itu.

Datang kemari enaknya naik kendaraan umum. Kalau membawa kendaraan, hanya motor yang bisa parkir di halaman cafe ini. Ada tokoh doraemon yang melambaikan tangan nyempil di antara rumput dekat lahan parkir motor. Untuk yang membawa mobil bisa parkir di pinggir jalan, tapi harus berbagi jalan dengan kendaraan lain yang lalu lalang di jalan ini.

Kalau dari luar sih seperti toko biasa, ga kelihatan kayak cafe. Jadi musti jeli tengak-tengok deh soalnya ada di sederetan toko-toko. Tulisan d’moners home di plang balkon juga bikin ga ngeuh tertutup sama dedaunan.

Saat masuk cafe ini, berderet memanjang meja dan kursi hingga ke meja kasir. Di sudut lain ada meja lesehan berhadap-hadapan dengan dapur. Pada dindingnya penuh dengan gambar atau lukisan bertema si kucing biru. Tak lupa juga ada rak yang menempel ke dinding rame dengan pernak-pernik dan figure action karakter doraemon. Sayangnya pernak-pernik juga figure action ini ga bisa dipinjam, karena ada tulisan tidak untuk dijadikan media foto atau selfie dengan hidangan makanan.

Sejenak terdiam karena melihat cafe agak gelap. Tiba-tiba saja pelayan cafe ini mengatakan ada ruangan di lantai atas. Ketika hendak naik, melihat lukisan doraemon dengan nobita dan shizuka menggunakan baju kimono di pinggir tangga. Berbeda dengan di lantai bawah, di lantai atas suasannya seperti di rumah. Yak betul! Seperti di rumah nobita. Sama seperti di manga ataupun anime, kebiasaan orang Jepang saat masuk rumah setelah melewati tangga, harus melepas sepatu/sandal. Persis di ujung lantai dekat tangga disediakan rak untuk menyimpan alas kaki.

Dekat tangga ada banyak boneka doraemon dari ukuran kecil hingga besar dengan latar belakang gambar nobita dan doraemon yang lagi nongkrong. Di sisi yang satu nampak gambar doraemon menyapa dari balik pintu yang terbuka. Sudut lainnya ada juga meja belajar nobita dan rak yang berisi komik doraemon.

Tidak ada kursi disini. Semua lesehan di lantai dengan alas bantal. Saya pun memilih duduk dekat dengan gambar nobita yang dipajang dalam pigura. Sayang suhu di ruangan ini berasa panas dan pengap karena AC mati dan  jendela tidak dibuka.

Menu yang ditawarkan beragam, mulai dari jenis nasi, katsu, sushi, paket bento, noodle/ramen, sidedish, dessert, jus, punch, milkshake, special drink, juga minuman lainnya. Tak ketinggalan juga tentunya dorayaki favorit dorameon.

Awalnya saya bingung pilih menu yang variatif, hanya karakter doramen muncul di menu-menu tertentu. Akhirnya memutuskan mencoba paket bento, dorayaki dan dessert. Ini pesanan saya :

  • dorayaki topping coklat. Semacam panekuk dengan topping coklat dan meses. Harga 14K
  • jelly translilator cheese. Dessert berisi potongan buah (alpukat, nata de coco, melon, dan apel) serta boba, selasih, es krim vanilla dan keju, juga jelly berbentuk kepala doraemon. Harga 20K
  • paket bento momon 3. Paket nasi dengan chicken teriyaki, simple salad dan nanas. Harga 28K

Habis menu yang ini, masih pengen icip-icip menu lain. Dipilihlah menu ramen, takeshi noodle. Mie ramen dengan topping bakso gepeng, garlic pangsit, telur, wakame, pakcoy dan wortel, yang disajikan dengan pilihan kuah tomyam. Harga 25K.

Menu dan harga

Makanan

  • Menu nasi 22K-27K
  • Paket bento 23K-28K
  • Noodle/ramen IDR 25K-30K
  • Katsu 28K-30K
  • Sushi 22K-25K
  • Sidedish IDR 20K
  • Dorayaki IDR 14K-25K

Minuman

  • Special drink 18K-20K
  • Punch 16K
  • Milkshake 18K
  • Dessert 18K-25K
  • Jus 15K
  • Minuman lain 5K-15K

Tak ketinggalan lho. Yang menarik disini, ada pintu kemana saja dan bel ajaib dengan tulisan. Lucu bener kata-katanya kekinian tapi masih berhubungan dengan doraemon. Hahahaaa lebay.

Tiga jam lewat saya habiskan waktu di sini. Betah sih bisa buat foto dan nongkrong. Tempatnya nyaman juga buat ngobrol, baca ataupun belajar. Tambah-tambah saat disodorin remote AC. Wow tambah lama aja berada disini sampai nambah menu soalnya adem. Bikin acara di lantai atas ini cocok juga kayak diskusi ataupun arisan. Tapi ga bisa terlalu banyak orang yaa. Kalau boleh kasih penilaian, untuk rasa sih standar aja, tapi yang menarik karena sosok doraemon ini. Harga pun bisa dibilang standar pasaran, masih cukuplah untuk kantong mahasiswa.

D’moners home

Jl. PH. H. Mustopa No 73 Bandung

Telepon 08112270279

Buka tiap hari jam 11.00-21.30, kecuali hari Jum’at jam 13.00-22.00

 

One Reply to “Kencan Sama Doraemon”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *